Categories

Archives

The only thing more personal than friendship.. is politics.

Title: The Special Relationship
Director: Richard Loncraine
Cast: Michael Sheen (Blair) and Dennis Quaid (Clinton)


The story:
Tony Blair dan Bill Clinton. Dua orang yang dianggap punya visi serupa, sempat berada di dua kursi panas berbeda dalam kurun waktu yang sama. This is a story about these famous men, and how they affect eachother's decisions.


I say:
Belakangan ini, saya makin jarang mencari informasi lebih banyak tentang sebuah film sebelum menulis review. I would just write what's left inside of my head after the credit title rolled up. But as it is different with each person, I think it's different with each movie..

The Special Relationship adalah film pertama yang membuat saya mau membaca berita politik internasional lagi setelah sekian lama. We all know how dirty politic is. Apalagi di negara ini, where we have constant reminders, setiap menit, betapa kuasa bisa membuat semua orang jadi lebih tolol dari biasanya.

Tapi dikemas seperti ini, politik jadi seakan berjarak dengan saya sebagai penonton. Seperti 'hanya' tema sebuah film yang bisa jadi nyata atau rekaan. Dan disitulah nilai lebihnya. Ketika sebuah film 'based on true story' dibuat, kamu tidak pernah bisa yakin seberapa banyak interpretasi pembuatnya.

Dan membuat interpretasi di sebuah film adalah halal sehalal-halalnya - meskipun ketika yang kau interpretasikan adalah kisah hidup orang yang namanya dikenal hampir setengah isi dunia. Oh mungkin justru karena itulah, interpretasi dalam bentuk film jadi sangat menarik.

Bahkan, untuk saya yang pemalas dan keburu apatis, film bertema politik adalah solusi sempurna untuk menjadi pemicu ketertarikan terhadap berita.


Straight into Scrapbook: Michael Sheen :) He never fails me. Mmm.. Except in Tron Legacy.


Straight into Crapbook: Dennis Quaid as Bill Clinton. With all the make-up and grey hair, he actually looked like Bill. But there are disadvantages of using a familiar actor to play a highly popular public figure. We, as the audience, can easily not-relate to either of them.


Alternate Version:
Replace Mr. Quaid with someone else.. Please?


Verdict: 4 out of 5

Leave a Reply